Pos Ekonomi Keluarga, Cara PKS Berdayakan Ibu-ibu Rumah Tangga


Pos Ekonomi Keluarga (EK) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Cibinong melaksanakan konsolidasi untuk merutinkan pembinaan kepada ibu-ibu untuk menopang perekonomian keluarga pada hari Ahad, 31 Mei 2015 di kantor Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKS.

Sebagaimana dikatakan oleh Seksi Perempuan (SEKPUAN) Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKS kecamatan Cibinong, Nunung Pujiyati, Agenda pos EK sebenarnya sungguh banyak yang bisa dilakukan oleh ibu-ibu baik dari rumah mereka hingga kepada masyarakat. “Agenda pos EK dimaksudkan untuk memaksimalkan peran ibu-ibu dalam menopang perekonomian keluarga,” ujar Nunung.

Ketua pos EK DPC PKS kecamatan Cibinong, Neni Sumarni menambahkan, Memaksimalkan agenda pada titik-titik pos EK yang telah terbentuk menjadi sudah sewajarnya ada. “Saat ini pos EK Cibinong baru memusatkan pada 4 titik pos EK yang ada yaitu pos EK kampung kandang dengan produk aneka cemian dan catering, pos EK Bukit Asri dengan produk susu kedelai, pos EK Bgor Asri 1 dengan produk kreasi kain flannel, dan pos EK Bogor Asri 2 dengan produk daur ulang sampah,” jelas Neni.

Neni melanjutkan, Selain dari kegiatan yang biasa dilakukan, pos EK juga sudah harus memusatkan diri untuk dapat bekerjasama dengan lembaga pemerintahan terkait. “Pos EK ke depannya akan menggaet DEPERINDAG dan koperasi-koperasi yang ada sebagai wadah menampung hasil karya dari pos EK  dan menjualnya kepada khalayak, ”  imbuh Neni optimis.

Fokus kerja pos eka adalah pemberdayaan ekonomi keluarga yg utamanya adalah pembinaan ibu-ibu rumah tangga yang turut serta dalam penopang perekonomian keluarga

Sebenarnya awal mula berdirinya pos eka ini melalui sosialisasi bank sampah di masyarakat jadi kita tidak langsung menggunakan pos eka. Dari sejak launching pertama kali bank sampah di tahun 2014 sebelum pemilu kita sudah ada 10 bank sampah dan sekarang sudah berkembang sampai 30 an titik bank sampah di cibinong. Akhirnya di tahun 2015 karena beban kerja yang berat akhirnya kami membagi 2 kepengurusan yang berbeda antara bank sampah dan pos eka. Bank sampah diambil alih oleh Komunitas Masyarakat Peduli Lingkungan (KMPL) dan pembinaan ekonominya diamanahkan k epos eka. Sejak memfokuskan diri pos eka baru ada 4 titik yang kita bina:

1.Pos Eka kampung kandang dengan produk aneka cemilan dan catering
2.Pos Eka Bukit Asri dengan produk susu kedelai
3.Pos Eka Bogor Asri 1 dengan produk kreasi kain flannel
4.Pos Eka Bogor Asri 2 dengan produk daur ulang sampah

Pos Eka yang sudah mulai aktif adalah pos eka kampung kandang, pesertanya ada 20 orang yang sudah solid. Pertemuan rutin sebulan sekali seluruh anggota. Sudah mulai rutin produksi 3 hari sekali. Sekarang akan kita kembangkan usaha tersebut lebih professional.

Karena berawal dari bank sampah kita sudah bersinergi dengan DKP melalui wadah KMPL, ke depan untuk pos eka sendiri kita akan upayakan kerjasama dengan DEPERINDAG dan koperasi.

*Anda tertarik kembangkan program Pos Ekonomi Keluarga di tempat Anda? Bisa hubungi Saepullah
Humas PKS Cibinong, HP : 081374631831




0 Response to "Pos Ekonomi Keluarga, Cara PKS Berdayakan Ibu-ibu Rumah Tangga"

Posting Komentar