California, Ternyata Berasal dari kata 'Chaliph' (Khalifah)


California...

Adalah sebuah negara bagian yg terletak di West Coast, Amerika Serikat. California menduduki populasi tertinggi di Amerika Serikat dengan total penduduk saat ini lebih dari 38 juta orang.

Yg menarik adalah, hanya 57% penduduk di California menggunakan bahasa Inggris (American English) sebagai bahasa percakapan sehari-harinya. Selebihnya, 28% menggunakan bahasa Spanyol, 3% menggunakan bahasa China, 2% menggunakan bahasa Tagalog, 1% menggunakan bahasa Vietnam dan sisanya multi-bahasa (Arab, Melayu, dan lainnya).

Ini adalah akibat jumlah populasi penduduknya yg begitu besar dari berbagai etnis di dunia.

Darimana nama California diambil sebagai nama negara bagian Amerika Serikat ini?

Ternyata, nama California diambil dari sebuah novel Spanyol di abad ke-16 yg berjudul: "Las Sergas de Espandian". Dalam novel ini, mengisahkan tentang seorang pejuang wanita yg menjadi Ratu bernama Calafia.

Dan, nama Calafia adalah versi bahasa Spanyol untuk Chaliph atau Khalifah. Sebuah kata berbahasa Arab yg artinya pemimpin/penguasa.

Masih ingatkah kita bahwa Spanyol pada tahun 711-1031 merupakan wilayah Islam dari Kekhalifahan Umayyah hingga Kekhalifahan Andalusia dan Qordova. Sehingga, akulturasi bahasa dan budaya melekat erat pada perkembangan budaya terutama bahasa Spanyol.

Fakta sejarah membuktikan bahwa literatur tulisan pertama di Spanyol adalah berbahasa Arab. Dan jika engkau belajar bahasa Spanyol, maka akan banyak ditemukan banyak kosakata yg diserap dari bahasa Arab. Bahasa peradaban di Spanyol dari abad ke-7 hingga abad ke-10.

Populasi muslim di California sekarang sudah kurang lebih 20%. Sebuah angka yg luar biasa.

Akankah California menjadi Chaliph-state (Kekhalifahan Islam) di sejarah dunia di masa yg akan datang? Saksikanlah, 'matahari' telah terbit dari ufuk barat. Semoga.

#‎TheSunHasRisenFromTheWest‬
‪#‎SejarahPeradabanIslam‬
‪#‎DuniaBaruIslam‬


(Azzam Mujahid Izzulhaq)



0 Response to "California, Ternyata Berasal dari kata 'Chaliph' (Khalifah)"

Posting Komentar