Datang ke Indonesia, Delegasi Hamas 'Tagih' Jokowi



Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam debat calon presiden berjanji akan mendukung kemerdekaan penuh bagi rakyat Palestina. Hal itulah yang kemudian melatari delegasi Hamas berkunjung ke Indonesia bertemu pemerintah dan DPR.

Begitu kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat ditemui di gedung DPR, Senayan, Jakarta (Jumat, 28/11).

"Semangat itulah yang bikin Hamas minta dukungan ke kita (Indonesia)," ujarnya.

Sebelum bertemu pimpinan DPR, delegasi Hamas yang dipimpin oleh Abu Umar Muhammad sudah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla,

Saat delegasi Hamas ini bertemu Wapres, kata Fahri, dijanjikan akan diberi dukungan berupa pembukaan kedutaan. Jika memang sudah dijanjikan seperti itu, maka DPR akan mendukung.

"Gimana teknisnya? Ya silakan diomongin dengan komisi I (komisi hubungan luar negeri di DPR RI)," ujarnya.

Dijelaskan Fahri bahwa dukungan DPR ini dilandaskan pada pembukaan UUD 1945 yang berbunyi penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

"Ada ikatan Indonesia untuk mendukung semua bangsa yang belum merdeka," tandas Wasekjen PKS itu.

Fahri Hamzah menegaskan sampai kapan pun Indonesia akan bersama-sama Palestina. Karena itulah, menurutnya, harus ada perhatian dari dunia bahwa penjajahan Israel di Palestina harus dihapuskan. Ia mengatakan, Indonesia adalah pihak pertama yang paling perhatian terhadap bantuan kemanusiaan di Gaza.

“Ada dokter, pengacara, mereka menginginkan kita sebagai bangsa terus memberikan dukungan dan bantuan. Karena mereka sadar, Indonesia adalah kakak mereka karena mayoritas muslim ada di Indonesia,” kata Fahri.

Sementara itu, Ketua DPR Setya Novanto saat menerima delegasi Hamas mengatakan, DPR mendukung hal itu jika pemerintah telah mendukung.

“Kalau pemerintah sudah mendukung dan DPR dukung, ini sangat memudahkan rencana pembuatan kantor di Jakarta. Saya sekali lagi  terima kasih, dan mendo’akan semoga delegasi Hamas ini bisa selesaikan dengan cepat dan kami mendukung,” kata Setnov di hadapan pimpinan DPR lainnya dan delegasi Hamas di gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (28/11).

Foto: Antara

0 Response to "Datang ke Indonesia, Delegasi Hamas 'Tagih' Jokowi"

Posting Komentar