Saut Situmorang Ditangkap, Netizen Minta Ahok Juga Ditangkap






Undang-undang ITE kembali memakan korban. Kali ini seorang penyair yang berdomosili di Yogyakarta, Saut Situmorang. Saut ditangkap karena laporan dari penyair wanita Fatin Hamama karena merasa dihina Saut melalui akun facebooknya. Penangkapan atas Saut dilakukan pihak kepolisian karena tiga (3) kali panggilan yang dilayangkan tidak mendapat respon. Penangkapan terjadi pada Rabu (25/3) malam oleh tiga (3) petugas kepolisian di kediaman Saut.



Paska penangkapan, pembicaraan tentang Saut Situmorang menjadi pembicaraan yang cukup hangat di media sosial. Pantauan eveline hingga Jumat pagi, 7.369 kicauan pengguna twitter membicarakan ditangkapnya Saut oleh tiga (3) orang petugas kepolisian. Ditangkapnya Saut Situmorang dengan jerat Undang-undang ITE menuai dukungan perlawanan dari pengguna media sosial twitter. Dukungan terhadap Saut disuarakan melalui hashtag #SaveSaut .



Dukungan melalui #SaveSaut disuarakan57% dari total pembicaraan tentang Saut Sitomorang atau setara dengan 4.460 tweet. Tweeps atau pengguna twitter juga banyak mencari tahu Facebook milik Saut Situmorang. Jumlah pembicaraan tentang Facebook Saut mencapai 13% atau setara dengan 977 kicauan. Pembicaraan lainnya yang diolah oleh eveline adalah adanya pembicaraan pihak yang melaporkan Saut kepada Polisi. 10% pembicaraan atau setara dengan 784 tweet membicarakan nama Fatin Hamama sebagai pelapor.



Pembicaraan menarik lainnya tentang ditangkapnya penyair Saut Sitomorang juga menyeret pembicaraan tentang Basuki Tjahaja Purnama atau lebih sering dikenal Ahok. Walaupun tidak ada hubungan antara penangkapan Saut dengan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta, akan tetapi pengguna sosial twitter mengkaitkan dengan diskriminasi penggunaan kalimat diruang publik. Eveline menangkap 776 tweet berkicau Ahok juga sering menggunakan kata-kata yang sama dengan perkataan Saut di Facebook. 776 tweet tersebut atau setara 10% pembicaraan tentang Saut bahkan meminta agar Ahok juga ikut ditangkap untuk memenuhi rasa keadilan. (eveline.co.id)








0 Response to "Saut Situmorang Ditangkap, Netizen Minta Ahok Juga Ditangkap"

Posting Komentar