Makna Penting Kota Idlib Setelah Dikuasai Mujahidin Suriah






Sekilas tentang kota Suriah yang dibebaskan oleh Mujahidin



Setelah pertempuran 5 hari pertempuran, kota Idlib akhirnya jatuh ke tangan pejuang Suriah.



Kota Idlib ini adalah ibukota provinsi kedua yang berhasil dibebaskan sepenuhnya. Ibukota provinsi yang pertama kali dibebaskan dari rezim adalah kota Raqqah pada bulan maret 2013. Namun Raqqah kemudian direbut oleh kawanan I**S dari tangan mujahidin, dengan alasan I**S lah yang berhak karena memiliki otoritas sebagai sebuah "negara".



Raqqah kini menjadi ibukota "kekhilafahan" ala "khalifah" Ibrohim. Sebuah kota yang mudah dan aman untuk dimasuki oleh siapa saja, tapi tidak bagi mereka yang ingin keluar dari situ.



Di sisi lain, jatuhnya sebuah kota besar tentu menjadi pukulan bagi rezim, bukan hanya sekedar hilangnya kontrol wilayah, tapi juga fasilitas penting dan aset kota yang dapat dimanfaatkan oleh oposisi. Selama ini rezim Nushairiyah masih menguasai kota-kota besar dan wilayah-wilayah penting di Suriah.



Karena itulah, kemungkinan besar kota Idlib coba akan direbut kembali oleh rezim dan membuat penguasaan kota tersebut menjadi tidak aman. Rezim akan menghancurkan atau terus meneror kota tersebut!



*dari fb Risalah








0 Response to "Makna Penting Kota Idlib Setelah Dikuasai Mujahidin Suriah"

Posting Komentar