Islam Itu Tidak Cuek Bebek Tapi Juga Jangan Jadi Bebek

Itu dia hikmah adanya syariat “Al-Amru Bil-Ma’ruf wa Al-Nahyu ‘An Al-Munkar” [الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر].

Dengan syariatnya, Islam membentuk sebuah masyarakat yang peduli satu sama lain, tidak cuek bebek dengan urusan pribadi masing-masing. Itu salah satu keunggulan syariat (aturan) Islam. Namun juga tidak menjadi pengekor alias bebek, seperti mengekor pemikiran-pemikiran liberal hingga menjadi bebek JIL.

Syariat yang membentuk sebuah pribadi muslim, bukan manusia yang membentuk aturannya sendiri. Karena kalau dia yang membuat aturannya sendiri, pastinya banyak kekurangan dan pasti kacau, karena tiap orang punya keinginan yang kecenderungan yang berbeda-beda.

Dalam kacamata syariah, LGBT (Lesbian, Guy, Biseks, Trangender), Plularisme, dan sejenisnya yang memang selalu dikampanyekan oleh kawan-kawan kita tersebut memang jelas jauh melanggar syariat.

Jadi wajar saja kalau ada seorang muslim yang tidak suka dan membenci kegiatan itu. karena memang syariat memerintahkan itu. syariat memerintahkan kita untuk saling menegur dan mengingatkan, serta dilarang diam pada sebuah kemunkaran.

“dan takutlah kepada adzab (musibah) yang tidak hanya menimpa orang-orang dzolim diantara kalian”. (Al-Anfal 25)

Dalam sebuah hadist riwayat Abu Daud juga disebutkan, Nabi saw bersabda: “jika satu kaum melihat seseorang melakukan sebuah kemungkaran dan tidak mencegahnya, maka sangat dekat kepada mereka bahwa Allah swt akan meratakan adzabnya untuk mereka semua”.

Ini kan jelas bahwa syariat ini memang menuntut kita untuk peduli dan tidak tinggal diam saja pada sebuah kemunkaran. Lebih jauh lagi bahwa Allah swt mengancam kita akan menurnkan dzabnya untuk semua kaum, tak memandang baik atau buruk dia.

Dan begitu juga, Untuk terhindar dari azdab Allah swt, maka saling menegur dan mengingatkan sesama saudara muslim. Dan tidak perlu repot serta risih ketika melihat saudara muslim bergerak untuk dakwah mencegah kemunkaran. (ri)


Referensi: http://ift.tt/1JsxDRc


0 Response to "Islam Itu Tidak Cuek Bebek Tapi Juga Jangan Jadi Bebek"

Posting Komentar