Kongres PAN, Pertarungan Besan SBY Vs Besan Amien Rais






Direktur Eksekutif Cyrus Network Hasan Nasbi menilai pemilihan ketua umum PAN akan menjadi pertarungan "besan" dua tokoh politik nasional. Pasalnya, bursa calon ketua umum PAN kemungkinan besar hanya diisi oleh Hatta Rajasa yang merupakan besan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Zulkifli Hasan (Ketua MPR) yang merupakan besan pendiri PAN Amien Rais. (Catatan: putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais menikah dengan Futri Zulya Safitri, putri Zulkifli Hasan)



"Ini politik besan yang menarik. Kita tunggu saja, besan SBY atau besan Amien Rais yang menang," kata Hasan, di Jakarta Pusat, Kamis (26/2/2015), dilansir KOMPAS.COM.



Hasan mengatakan, jika Hatta memenangi Kongres PAN 2015, hal itu akan memberikan keuntungan politik untuk SBY khususnya saat dikaitkan dengan konstelasi di parlemen. Menurut Hasan, PAN akan selalu sepaham dengan Demokrat selama Hatta dan SBY memimpin dua partai tersebut.



Ia melanjutkan, kesamaan sikap PAN dan Demokrat akan berpengaruh besar pada konstelasi di parlemen. Pasalnya, gabungan jumlah kursi PAN dan Demokrat akan melebihi jumlah kursi yang dimiliki PDIP.



Merujuk sensus yang dilakukan Cyrus Network bersama CSIS, kata Hasan, dirinya yakin Hatta memiliki peluang besar untuk kembali memimpin PAN sampai 2020. Hasan menganggap dukungan yang diberikan Amien Rais dan Soetrisno Bachir pada Zulkifli Hasan belum mampu mendongkrak perolehan dukungan dari para pemilik suara.



"Posisi Hatta sekarang ada di atas angin," ujar Hasan.



Sensus CSIS menunjukkan, sebanyak 42,77 persen ketua PAN di tingkat kabupaten/kota mendukung Hatta melanjutkan kepemimpinannya di PAN hingga 2020. Sebanyak 38,64 persen responden memilih Zulkifli Hasan. (baca: Sensus CSIS: Hatta Rajasa Ungguli Zulkifli Hasan)



Responden yang menjadi target adalah ketua PAN di 34 provinsi dan di 514 kabupaten/kota. CSIS mewawancarai ketua PAN di 28 provinsi dan di 484 kabupaten/kota melalui wawancara tatap muka pada 16-19 Februari 2015.



Kongres PAN akan digelar di Bali pada 28 Februari - 2 Maret 2015. Sejauh ini, Hatta dan Zulkifli menjadi kandidat kuat yang akan bertarung dalam kongres tersebut.






0 Response to "Kongres PAN, Pertarungan Besan SBY Vs Besan Amien Rais"

Posting Komentar